Liburan MAN 3 Malang Isi Kegiatan Safari Da’wah dan Bakti Sosial Reviewed by Momizat on . [caption id="attachment_2509" align="alignnone" width="640"] Safari Da’wah dan Bakti Sosial merupakan kegiatan tahunan MAN 3 Malang yang bernaung di bawah Bidan [caption id="attachment_2509" align="alignnone" width="640"] Safari Da’wah dan Bakti Sosial merupakan kegiatan tahunan MAN 3 Malang yang bernaung di bawah Bidan Rating: 0
You Are Here: Home » INFORMASI MADRASAH » Liburan MAN 3 Malang Isi Kegiatan Safari Da’wah dan Bakti Sosial

Liburan MAN 3 Malang Isi Kegiatan Safari Da’wah dan Bakti Sosial

Safari Da’wah dan Bakti Sosial merupakan kegiatan tahunan MAN 3 Malang yang bernaung di bawah Bidang Keagamaan

Safari Da’wah dan Bakti Sosial merupakan kegiatan tahunan MAN 3 Malang yang bernaung di bawah Bidang Keagamaan

Kota Malang (MAN 3 Malang) Safari Da’wah dan Bakti Sosial merupakan kegiatan tahunan MAN 3 Malang yang bernaung di bawah Bidang Keagamaan. Kegiatan ini di laksanakan selama 6 hari mulai senin-sabtu, (19-24/12). Kegiatan sosial ini  dilakukan untuk mengisi liburan semester yang cukup lama dengan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya kegiatan andalan yang bisa membentuk karakter dan jati diri siswanya untuk membangun kehidupan di masyarakat nantinya. Kegiatan Safari Dakwah dan Bakti Sosial berlokasi di Dusun Bendrong Desa Argosari Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, dan mengambil tema ‘Pancarkan Jiwa Islami Dalam Indahnya Berbagi’.

Safari Da’wah dan Bakti Sosial tahun ini dilaksanan di Dusun Bendrong Desa Argosari Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

Safari Da’wah dan Bakti Sosial tahun ini dilaksanan di Dusun Bendrong Desa Argosari Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

Adapun Safari Da’wah dan Bakti Sosial tahun ini dilaksanan di Dusun Bendrong Desa Argosari Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu kegiatan rutin bidang keagamaan MAN 3 Malang. Seperti yang disampaikan Gunawan, selaku Ketua Keagamaan dan Kemahadan, “Safari Dakwah berasal dari dua kata, safari yang artinya perjalanan, dan dakwah artinya seruan, jadi Safari Dakwah adalah perjalanan menyiarkan dakwah kepada masyarakat sekitar, baik tentang agama maupun social yang dilakukan setiap tahunya dalam rangka mengawal program kerja madrasah,” terang Gunawan.

Safari Da’wah dan Bakti Sosial  tahun 2016 ini tidak hanya diisi dengan Kegiatan Da’wah saja, melainkan ada kegiatan bakti sosial yang menjadi rangkaian kegiatan. Seperti disampaikan Miftachul Ula selaku ketua panitia, Bahwa Safari Da’wah dan Bakti Sosial tahun 2016 ini bertujuan, agar siswa dapat memahami dan mendalami keadaan sosial sekitar, lalu agar siswa dapat mengamalkan langsung ilmu yang telah didapatkan di Madrasah. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu media publikasi MAN 3 Malang ke dunia luar terutama ke pelosok desa binaan,” terangnya.

Kegiatan inti di hari pertama setelah kedatangan seluruh panitia adalah Anjangsana, yaitu mengenalkan program-program yang akan dilaksanakan panitia kepada warga sekitar, dengan cara membagi panitia menjadi beberapa kelompok dan menuju rumah warga di 5 RT, yaitu RT 27, 28, 29, 33, dan 34. Setelah itu di hari selanjutnya, ada Renovasi Fasilitas Umum dan Bakti Warga, kegiatan di program ini adalah kerja bakti di desa dan membangun fasilitas tempat wudhu’ dan toilet untuk Mushala at-Taqwa dan Masjid Baitur Rahman.

Acara dilanjutkan dengan program penyuluhan, yaitu Penyuluhan Kebersihan dan Pengolahan Hasil Bumi oleh fasilitator dari guru MAN 3 Malang yaitu, Ruly Oktovibrianti dan Wahyuni Ekowati. Di hari ketiga, diawali dengan lomba memasak tahu oleh ibu-ibu dan outbond untuk anak-anak, setelah Duhur ada program Pengobatan Gratis untuk warga sekitar. Hari selanjutnya, ada Jalan Sehat dan doorprize yang diikuti oleh seluruh warga Dusun Bendrong. Acara dilanjutkan dengan adanya Bazar Pakaian dan Sembako Murah, acara bazar ini merupakan salah satu acara yang paling ramai dalam rangkaian kegiatan ini, ibu-ibu terlihat antusias memilih pakaian yang ada. Selain sembako-sembako tersebut dijual, beberapa paket sembako disisihkan bagi warga yang kurang mampu untuk disedekahkan. Keuntungan dari bazar tersebut sepenuhnya disalurkan untuk biaya renovasi Musala at-Taqwa dan Masjid Baitur Rahman

Puncak acara di tahap kedua ini ada di malam terakhir, yaitu Pengajian Umum dan Pentas Seni, peserta pensi adalah anak-anak sekitar yang telah dilatih sebelumnya oleh panitia. Di hari terakhir sebelum kepulangan, panitia melakuka Anjangsana kembali, kali ini, panitia membagikan kenang-kenangan berupa cangkir beridentitas Safari Dakwah 2016. Selain kegiatan-kegiatan diatas, setiap harinya panitia mengadakan senam pagi bersama warga sekitar, dan di sore hari panitia membantu mengajar mengaji di 2 TPQ yang ada di dusun tersebut, yaitu TPQ Raudlatut Tholibin dan TPQ Raudlatul Muttaqin.

Harapan yang ingin dicapai setelah kegiatan ini berlangsung adalah siswa mendapatkan pengalaman dari terjun langsung terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan, serta kegiatan ini bisa menjalin tali silaturahmi antara warga MAN 3 Malang dan warga Dusun Bendrong. Selain itu, MAN 3 Malang sebagai suatu instansi akan meninggalkan sesuatu yang berkesan dan bermanfaat untuk warga sekitar, salah satunya adalah tersedianya fasilitas tempat wudu dan toilet untuk Musala at-Taqwa. (Rifqi;Shalhhakka)

© 2012 MAN 3 Malang P3TIM, didukung oleh Humas