www.man3malang.com

Halal Bi Halal MAN 3 Malang Featured

Sore kemarin tepatnya 30 September 2009, MAN 3 Malang yang memasuki hari ke 15 libur Idul Fitri terlihat ramai, bukan karena masuk sekolah, namun hari itu akan diadakan Halal Bi Halal antara guru, karyawan serta sesepuh MAN 3 Malang.
Sore kemarin tepatnya 30 September 2009, MAN 3 Malang yang memasuki hari ke 15 libur Idul Fitri terlihat ramai, bukan karena masuk sekolah, namun hari itu akan diadakan Halal Bi Halal antara guru, karyawan serta sesepuh yang telah berjuang memajukan MAN 3 Malang.

Dalam pengertian yang lebih luas, halal-bihalal adalah acara maaf-memaafkan pada hari Lebaran. Keberadaan Lebaran adalah suatu pesta kemenangan umat Islam yang selama bulan Ramadhan telah berhasil melawan berbagai nafsu hewani. Dalam konteks sempit, pesta kemenangan Lebaran ini diperuntukkan bagi umat Islam yang telah berpuasa, dan mereka yang dengan dilandasi iman.



Karena masih menginjak bulan Syawal maka momen untuk saling memaafkan dirasa sangat perlu sekali terutama untuk menambah ukhuwah islamiyah antar personel civitas akademis MAN 3 Malang.

Sebelum acara dimulai para tamu undangan datang satu-satu maupun berpasangan dan langsung saling bersalaman tamu yang datang sebelumnya, tim Solawat Sobarona tampil untuk mengiringi kedatangan undangan, mereka menampilkan lagu-lagu islami yang menjadi ciri khas mereka.



Acara dimulai ketika Bapak Dakelan yang bertindak sebagai MC melakukan acara pembukaan, kemudian disusul pembacaan ayat suci alquran oleh siswa yang bernama Alwan Tafsiri dari X MABI.



Berlanjut kemudian yaitu sambutan, sambutan pertama dilakukan oleh Kepala Madrasah , karena Kepala MAN 3 lagi uzur disebabkan memperluas cakrawala ke negeri lain atau istilah kerennya lagi melakukan studi banding ke negara China, maka sambutan itu diwakili oleh Waka MAN 3 bagian humas, yaitu Bapak Sukri.



Dalam sambutannya Bpk Sukri menyampaikan bahwa Bapak Imam mengucapkan Minal Aidzin Wal Faizin kepada para hadirin semua, dan sebagai perwakilan beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah hadir di acara yang Insya Allah penuh barakah ini.

Sambutan yang kedua datang dari Ketua Komite Madrasah, beliau adalah Bpk Abdillah Hunaifi, sambutan yang beliau sampaikan cukup padat dan cepat, yaitu mengucapkan Minal Aidzin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin.



Acara inti dari kegiatan halal bi halal itu adalah sambutan/ceramah dari Direktur Pengembangan Madrasah Terpadu jalan Bandung, beliau adalah rektor dari Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, yaitu Prof. Dr Imam Suprayogo.

Ketika memulai sambutan beliau memberikan ucapan Minal Aidzin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Dan kemudian beliau menerangkan tentang konsep Madrasah terpadu ini, dimana madrasah terpadu di Indonesia berjumlah 8 buah, dan yang menjadi piloting project adalah madrasah di jalan bandung ini. Beliau juga menceritakan tentang mula awal madrasah terpadu, mengapa menjadi madrasah terpadu, dan lain sebagainya.



Dalam sambutannya, menjadikan madrasah terpadu kesulitan terbesarnya adalah menyatukan hati masing-masing lembaga, sehingga untuk menjadi satu hati perlu usaha-usaha serta toleransi yang tinggi antar lembaga.

Selain sejarah madrasah terpadu, beliau juga menerangkan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan umat, dalam lingkup kecil, persatuan itu bisa diwujudkan melalui solat berjamaah di lembaga. Jika persatuan dan kesatuan telah timbul maka akan timbul manajemen intern yang kuat untuk membuat institusi semakin maju.

Beliau juga menyarankan tentang pentingnya Infaq, "Saya dulu selalu memotong gaji saya sebesar 20%, dan itu saya gunakan untuk infaq" ujar beliau. Sebuah tindakan yang patut diteladani dari bapak rektor.

Ketika waktu menunjukkan pukul 17.00 WIB acara kegiatan Halal Bi Halal itu ditutup dengan sebuah doa dari Bpk Untung, dan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah.



Untuk menyambut acara ramah tamah, panitia menyediakan berbagai macam makanan, makanan tersebut disediakan langsung dari warung-warung terkemuka yang ada di Kota Malang, diantaranya Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang, Sate Ayam depan Mitra, Angsle Ronde Jl Sempu, Es Teler Susu, Tahu Campur Pak Iwan, dan Orem-orem Jl Blitar.

Masing-masing bisa memilih hidangan yang dikehendakinya, yang paling laris adalah bakso bakar, sebab bakso bakar menjadi tempat yang isinya habis duluan, mungkin karena makanan ini bukan tergolong jajanan kelas berat, maka banyak yang menjatuhkan pilihan ke bakso.








Rate this item
(0 votes)
back to top

GAUL ISLAM

TAHUKAH ANDA

IPTEK & KOMPUTER

UMUM

KESEHATAN

UNIK

AKADEMIK

  • Kalender Akademi
  • Prestasi
  • MAKBI
  • Akselerasi
  • Olimpiade

KOMUNITAS