Prestasi Nasional : MAN 3 Malang Borong 8 Medali OSN Reviewed by Momizat on . Prestasi bergensi diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Para siswa yang sekolah di Jalan Bandung itu membawa pulang delapan medali Olimpiade Sains Prestasi bergensi diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Para siswa yang sekolah di Jalan Bandung itu membawa pulang delapan medali Olimpiade Sains Rating: 0
You Are Here: Home » Dunia Pendidikan » Prestasi Nasional : MAN 3 Malang Borong 8 Medali OSN

Prestasi Nasional : MAN 3 Malang Borong 8 Medali OSN

pPrestasi bergensi diraih oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Para siswa yang sekolah di Jalan Bandung itu membawa pulang delapan medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang berlangsung di Pekanbaru, Riau, 2–8 Juli 2017.

Dua medali emas diraih Muhammad Zaki Darojat (bidang kimia) dan Akmal Tsani Rachmatullah (bidang astronomi). Kemudian satu medali perak diraih Milania Dwi Arwinda (bidang astronomi). Sedangkan lima medali perunggu diraih M. Raihan Agis Pradana (bidang kimia), Baihaqi A. Khatim (bidang kebumian), Nuzula Qurrata A’yunin (bidang kebumian), M. Refindo Azhar (bidang komputer), dan M. Sholehudin (bidang geografi).

Delapan medali tersebut mampu mengantarkan kontingen Jawa Timur berada di peringkat tiga nasional. Selain itu, dalam ajang yang serupa, perwakilan yang lain dari MAN 3 Malang, M. Raihan Reza Hariyono juga mendapatkan predikat sebagai peneliti terbaik I di bidang ekonomi. Penghargaan tersebut diraih melalui penelitian berjudul Peran Ekonomi Kreatif dalam Pengembangan Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ).

Kepada Jawa Pos Radar Malang, Muhammad Zaki Darojat mengungkapkan berhasil meraih medali emas di antara 76 peserta dari 34 provinsi. Padahal, dia mengaku ada beberapa soal yang ragu saat menjawabnya. ”Tes teori ada beberapa yang mis dan kurang. Tetapi mungkin berkat banyak yang mendoakan, saya mengerjakannya kemarin lebih tenang,” ujarnya. Zaki–sapaan akrabnya– menyatakan, dia mendapatkan pengalaman tersendiri saat mengikuti OSN. Siswa kelas XII ini mengaku sempat mengulang saat mengerjakan soal praktikum tentang ekstraksi karena dia tidak membaca soalnya secara saksama. ”Gara-gara membacanya terlalu cepat, saya jadi ngulang praktikumnya. Untung bahan yang disediakan masih cukup,” jelasnya.
jSedangkan Milania Dwi Arwinda merasakan ada yang berbeda pada OSN tahun ini dibanding tahun lalu. Yakni jumlah soalnya lebih banyak dengan waktu pengerjaan yang minim. ”Saya kan sudah mempersiapkan menggunakan acuan tahun lalu. Eh ternyata saat mengerjakan soalnya lebih banyak, saya kaget. Biasanya 8 soal, jadi 10 soal,” paparnya.

Sebelumnya, MAN 3 Malang mengirimkan 32 perwakilannya mengikuti OSN di tingkat Kota Malang. Dari situlah, 24 perwakilannya lolos ke tingkat Jawa Timur. Hingga kemudian Jawa Timur membawa 12 perwakilannya di tingkat nasional.
Kepala MAN 3 Malang Binti Maqsudah menyatakan, raihan pada ajang OSN kali ini bisa dibilang meningkat dibanding tahun lalu. Meskipun secara jumlah sama, yakni delapan medali, MAN 3 Malang tidak mendapatkan medali emas tahun lalu, tapi hanya memperoleh tiga medali perak dan lima medali perunggu. ”Kami pihak sekolah sudah berupaya semaksimal mungkin. Anak-anak juga bersemangat. Bahkan, mereka juga baru libur H-3 Lebaran,” terangnya kemarin (10/7).
Binti menerangkan, pembinaan olimpiade di sekolahnya dilakukan sejak dini. Artinya, siswa-siswi yang memiliki potensi telah diarahkan sejak masih duduk di kelas X. Untuk diketahui, MAN 3 Malang memiliki kelas olimpiade. Kelas tersebut berisikan siswa-siswi yang memang dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade. ”Untuk masuk ke dalam kelas olimpiade, mereka harus tes psikologi juga. Tujuannya untuk melihat ketahanan siswa tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, di ajang yang serupa, SMP Islam Sabilillah Malang juga mendapatkan perolehan medali. Yakni, Mochamad Rangga Alif Dharmawan meraih medali perak di bidang ilmu pengetahuan sosial (IPS). ”Dalam pembinaan siswa olimpiade, kami juga mengundang pihak luar untuk mengembangkan potensi para siswa,” ujar Kepala SMP Islam Sabilillah Malang Idi Rathomy Baisa. (viq/c2/lid/SW)

© 2012 MAN 3 Malang P3TIM, didukung oleh Humas