www.man3malang.com

Unit PSBB Featured

Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) adalah lembaga non-struktural otonom yang berada di bawah manajemen Madrasah Aliyah Negeri   (MAN 3) Malang. PSBB MAN 3 Malang didirikan berdasarkan SK Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag RI No E.IV/PP/00.6/kep/17.A/98 tertanggal 20 Pebruari 1998 yang secara operasional mulai berjalan berdasarkan SK Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim no w.m/6-b/Kp.07.b/02652/sk/2002 tanggal 1 Juli 2002.

 2012 04 05 PSBB 1

Pada dasarnya, keberadaan PSBB MAN 3 Malang dimaksudkan menjadi laboratorium peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah pada khususnya dan pendidikan di Indonesia pada umumnya. Dalam hal ini, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adalah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan serta layanan pembelajaran bagi siswa. Namun demikian, lembaga ini juga membuka peluang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bisa manfaatkan fasilitas yang ada untuk kepentingan pendidikan dan pelatihan.

PSBB MAN 3 Malang juga menyediakan berbagai macam sumber belajar yang berkolaborasi langsung dengan Madrasah seperti Guru Bina; laboratorium komputer, IPA, dan bahasa; internet center; perpustakaan; international guest teachers, dan lain-lain yang semuanya bisa dimanfaatkan baik oleh lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Selain itu, PSBB MAN 3 Malang juga telah menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi (outsourcing tenaga ahli) seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka Malang, dan lain lain.

Visi PSBB
PSBB sebagai pusat layanan peningkatan kemampuan profesional tenaga kependidikan yang berdayaguna dan mandiri

Misi PSBB

  1. Memantapkan organisasi
  2. Meningkatkan kinerja pegawai
  3. Memperluas peran dan fungsi PSBB
  4. Meningkatkan kemampuan profesional
  5. Meningkatkan kesejahteraan
  6. Menjadikan MAN Model sebagai standar keunggulan bagi madrasah lainnya

Strategi PSBB

  1. Penataan kelembagaan PSBB
  2. Peningkatan Sumber Daya Manusia
  3. Penggalangan kerjasama dengan instansi terkait

2012 04 05 PSBB 2Tujuan PSBB

Tujuan utama Pusat Sumber Belajar Bersama (PSBB) adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas profesional guru dan pengelola Madrasah Aliyah serta tenaga kependidikan lainnya yang mengarah pada implementasi madrasah aliyah negeri sebagai MAN Model. Adapun tujuan khusus Pusat Sumber Belajar Bersama(PSBB) sebagai berikut:

  1. Memberikan fasilitas dalam program peningkatan mutu akademik dan kelembagaan Madrasah Aliyah dalam rangka penerapan konsep-konsep yang inovatif.
  2. Meningkatkan kualitas pengetahuan akademik, kemampuam profesional dan ketrampilan guru serta tenaga kependidikan lainnya.
  3. Meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kemampuan manajerial Kepala Madrasah.
  4. Memberikan fasilitas dalam berbagai kegiatan akademik dan pelatihan, secara teratur dan berkesinambungan.
  5. Menciptakan suasana kebersamaan antar pengelola madrasah dalam mendinamiskan kurikulum, mutu pendidikan, serta peningkatan kualitas kelembagaan madrasah.
  6. Memberi layanan informasi kepada guru-guru dan tenaga kependidikan lainnya yang terkait dengan data kependidikan untuk memperluas dan mempertajam kemampuan akademik dan profesionalismenya.
  7. Memberikan pembinaan bidang akademik dan manajemen kepada Madrasah Aliyah anggota KKM (Kelompok Kerja Madrasah) di wilayahnya.
  8. Membantu masyarakat dalam bidang akademik dan kemasyarakatan.
Last modified on
Rate this item
(6 votes)
back to top

GAUL ISLAM

TAHUKAH ANDA

IPTEK & KOMPUTER

UMUM

KESEHATAN

UNIK

AKADEMIK

  • Kalender Akademi
  • Prestasi
  • MAKBI
  • Akselerasi
  • Olimpiade

KOMUNITAS