Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia Science Expo 2017 Reviewed by Momizat on . [caption id="attachment_2684" align="alignnone" width="1280"] Kepala MAN 3 Malang Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd mendampingi Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia [caption id="attachment_2684" align="alignnone" width="1280"] Kepala MAN 3 Malang Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd mendampingi Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia Rating: 0
You Are Here: Home » Dunia Pendidikan » Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia Science Expo 2017

Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia Science Expo 2017

Kepala MAN 3 Malang Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd mendampingi Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia Science Expo 2017

Kepala MAN 3 Malang Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd mendampingi Siswa MAN 3 Berprestasi Di Indonesia Science Expo 2017

Malang (MAN 3) — 4 Inovasi siswa MAN 3 Malang menjadi peserta Indonesia Science Expo (ISE) 2017 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI. Prestasi siswa MAN 3 Malang memperoleh Juara 3 LKIR  LIPI  dan Nasional Young Inventor Award (NYIA) sebagai Finalis.. Acara berlangsung di Balai Kartini, Expo yang berlangsung dari 23 – 26 Oktober 2017 ini diselenggarakan dalam rangka peringatan ulang tahun LIPI ke-50. ISE diisi banyak pameran hasil riset para pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Hasil-hasil riset tersebut dilombakan dan dinilai oleh para juri profesional, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Keempat siswa MAN 3 Malang yang mengikuti Indonesia Science Expo (ISE) 2017 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tersebut diantaranya untuk LKIR  LIPI  Arif Kusuma Firdaus dan Nadia Alfi Syarifah, sedangkan untuk peserta Nasional Young Inventor Award (NYIA) adalah Haidar Azzamudin dan Rizka Fazriana Putri

Indonesia Science Expo (ISE) 2017 yang diadakan selama 4 empat, ada 10 tim yang menjadi finalis pada ISE 2017 yang berasal dari tujuh madrasah. Empat tim menjadi finalis kluster National Young Invention Award (NYIA). Lima tim finalis Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR). Semantara 1 tim menjadi finalis pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Mereka terpilih setelah melewati tahapan seleksi  dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Berikut ini  siswa MAN 3 Malang yang Berprestasi sebagai berikut :

Expo (ISE) 2017 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI

Expo (ISE) 2017 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI

 

  1. Juara 3 LKIR ISE 2017 : Arif Kusuma Firdaus dan Nadia Alfi Syarifah

Karya ilmiah: “Analisa Pengaruh Faktor Abiotik Terhadap Pola Suara Tenggeret dalam Memprediksi Cuaca Lokal: Cerah, Berawan, Hujan Ringan, Hujan Medium, Hujan Deras, Hujan Deras disertai Angin dan Prediksi Badai.” 
Latar belakang: Berdasarkan penelitian terdahulu, Tenggeret bisa menjadi bioindikator perubahan cuaca lokal yang akurat. Namun, belum ada penelitian yang membahas hubungan iklim mikro dan perubahan cuaca dengan perubahan frekwensi dan aplitudo yang merupakan komponen suara tenggeret. Penelitian ini berkesimpulan bahwa 1) suara tenggeret memiliki nilai kisaran 2200-7000 Hz dan antara 7000-14200 Hz. Sedangkan amplitudo suara tonggeret bervariasi, 2) Iklim mikro memiliki hubungan dengan perubahan frekuensi dan jumlah echeme tonggeret, namun tidak berhubungan dengan nilai amplitudo dan 3) frekuensi dan amplitudo suara tonggeret tidak memiliki hubungan dengan perubahan cuaca yang terjadi. Jumlah echeme suara tonggeret memiliki hubungan dengan perubahan cuaca yang terjadi.

  1. Finalis Nasional Young Inventor Award (NYIA) : Haidar Azzamudin dan Rizka Fazriana Putri Ramadhani.

Judul :

Dalle, implementasi

Teori Cuaca Tonggeret sebagai  inovasi teknologi prediksi cuaca yg akurat dan spesifik.

Perolehan siswa kali ini menambah perbendaharaan Prestasi Nasional MAN 3 Malang yang mendapat apresiasi yang patut disyukuri civitas, seperti yang disampaikan Ibu Kepala MAN 3 Malang, Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd mengatakan,” Alhamdulillah prestasi demi prestasi tingkat Nasional telah kita raih, semoga kedepan kita dapat mempertahankan dan bila perlu meningkatkan secara kuantitas serta kualitasnya,” Ungkap beliau.(Swin/Wul)

© 2012 MAN 3 Malang P3TIM, didukung oleh Humas