www.man3malang.com

Google Drive tawarkan tempat penyimpanan online 5GB gratis

Google Drive tawarkan tempat penyimpanan online 5GB gratis

Di penghujung bulan Maret kemarin, memang santer terdengar kabar bahwa Google akan mengeluarkan satu produk terbaru untuk penyimpanan data online. Pada saat itu, kabar yang beredar adalah Google siap membagi-bagikan tempat penyimpanan data online secara gratis sebesar 1GB kepada pengguna internet di dunia.


Rumor Google Drive tersebut akhirnya sedikit demi sedikit hilang beriring dengan banyaknya produk dan fasilitas baru yang beredar. Orang-orang lebih tertarik untuk membicarakan perangkat, aplikasi, informasi dunia teknologi lain daripada harus mengulas masalah Google Online Storage Service atau disingkat GDrive atau juga dapat disebut dengan nama Google Drive ini.

Namun, Google ternyata menepati janjinya, hari ini (25/04) waktu Indonesia, Google secara resmi telah meluncurkan Google Drive untuk pengguna internet di dunia. Tidak seperti yang diumumkan waktu lalu, Google ternyata memberikan 5GB tempat penyimpanan gratis untuk siapa saja yang membutuhkannya. 

Menurut ABCnews.go.com, dengan kapasitas sebesar itu, para pengguna internet tidak perlu takut lagi untuk kehilangan data atau lupa membawa tempat penyimpanan data portabel seperti HDD portabel atau flashdisk. Pengguna internet dapat menggunakan Google Drive melalui account Google seperti Gmail, Google+, atau Google Docs. 

Banyak pengamat mengatakan bahwa peluncuran Google Drive ini mengakibatkan persaingan dalam dunia penyimpanan online menjadi semakin ketat. Sekarang ini telah banyak diciptakan tempat penyimpanan online di dunia maya, seperti DropBox, Microsoft SkyDrive, dan Apple iCloud. 

Seperti yang diulas oleh Bbc.co.uk, DropBox menawarkan penyimpanan online gratis sebesar 2GB, Apple iCloud sebesar 5Gb atau membayar USD 10 per tahun untuk mendapatkan penyimpananonline sebesar 10GB, Microsoft SkyDrive memberikan layanan penyimpanan online gratis sebesar 7GB atau dengan USD 10 per tahun untuk penyimpanan online sebesar 20GB.

Google Drive menawarkan penyimpanan online gratis sebesar 5GB atau membayar biaya bulanan sebesar USD 25 untuk mendapatkan 25GB, atau USD 4.99 per bulan untuk 100GB, atau juga USD 9.99 untuk mendapatkan kapasitas sebesar 200GB. Tidak hanya itu saja, Google juga menawarkan kapasitas penyimpanan online yang dapat dipakai oleh para pebisnis untuk menyimpan data mereka dengan quota yang sangat besar yaitu 16TB dengan biaya USD 799.99 per bulan.

Menurut Mashable.com, Google Drive telah dilengkapi dengan banyak fitur seperti Smart Tagging, Image Recognition, Optical Character Recognition (OCR), Screen Reader, dan beberapa fitur menarik lainnya. Google mengatakan bahwa produknya kali ini dapat digunakan oleh pengguna desktop Mac atau Windows, atau juga pengguna tablet dan smartphone Android. Google berjanji akan segera merilis versi baru untuk pengguna iOS di kemudian hari. 

Siapa mau tempat penyimpanan online gratis sebesar 5GB? Akses langsung Google Drive dengan menggunakan account Google pribadi Anda. Selamat menikmati.[das]
Last modified on
Rate this item
(0 votes)
back to top

GAUL ISLAM

TAHUKAH ANDA

IPTEK & KOMPUTER

UMUM

KESEHATAN

UNIK

AKADEMIK

  • Kalender Akademi
  • Prestasi
  • MAKBI
  • Akselerasi
  • Olimpiade

KOMUNITAS